Saturday 20 December 2014

Sundel” (pelacur)

‘Acong”( anjing)

‘godek’ (monyet)

‘matamek’ (matamu)

‘kancut’ artinya sama seperti sundal

‘kaok’ (lembu)

‘buceng’ (moncong)

‘Bokel” (pitak)

”Bonyong”( mulut)

”Bedeng” (Hitam)

”Bedel” (gendut

Kamu               : kamu
Aku                 : aku              
Anda                : side
Dia                   : ni
    ibu                : inak
    bibik            : saiq  
    bapak            : amaq, mamik
    paman            : tuaq
    abang            : kakak
    cantik            : inges
    jelek            : lenge
    cakep            : ganteng
    capek            : lelah
    istirahat        : mentelah
    ngantuk            : ngantok
    minum            : nginem
    makan            : mangan, bekelor
    mandi            : mandiq
    pergi            : lalo
    membaca            : bace, mace
    kerja            : begawean
    Gini            :meni
    gitu             :menu
    tunggu            : antih
    sebentar        : semendaq
    bagus            : solah
    terlanjur        : kedung
    kamu jelek        : kamu lenge
    kamu cantik        : side inges
    di                : lek
    sana                : to
    sini                : te
    ini                : ni
    itu                : nu
    disana                : lek to
    cewek muda            : dedare
    cowok muda            : bajang



Contoh keren
gini caranya                 : meni entan
gitu caranya                 : menu entan
aku mele jok side         : aku suka ama kamu


maukemana ?                : embe laiq?
udah makan ?               :uwah mangan/ wah ngelor ?
gimana kabarnya?         : berembe kabarm ?
kamu sudah kemana ?   : embe uwah laiq ?
kamu asal mana ?          : embe asal side ?
kamu asli mana ?           : asli embe side ?
belajar bareng yuk ?       : berajah bareng entEh?
berapa no hape nya        : pire nomer hapen side

Saya sudah ke kampus        : uwah tiang lalo jok kampus
Aku baik2 aja kok        : aku solah2/ sehat meni wah.
Aku tinggal di lombok   : aku mero lek lombok
Saya sudah solat          : aku uwah sembahyang
Asli orang lombok        : aku asli dengan lombok(asli kanak lombok)
Aku laper                    : tiang lapah
Aku mau makan ama kamu        : aku mele mangan kamce side
aku mau ke warnet        : aku mele jok warnet
aku mau solat            : aku mele sembahyang
aku mau pergi            : aku mele lalo
aku mau minum            : tiang mele nginem
aku mau mandi            : aku mele mandiq
makasih                : tampiasih

Anak kuliahan : kanak kuliah
Bangun pagi : tures kelemak/tues aru-aru
Bikin kopi : piaq kupi
Mandi : mandiq
Baju: tangkong
Celana: selane

Kalung : tondang
Anting : sengkang
Sisir: serang/sedang
Minyak rambut: kejames
Hape : hape
Motor: montor
Mobil: mobil/montor beleq
Besar: beleq
Kecil : kodeq
Cewek muda : dedare
Cowok muda : bajang
Laki: mame
Perempuan/cewek : nine
Cakep : ganteng/solah
Cantik : inges
Tua : toaq
Kakek : papuq
Nenek : papuq nine
Istri : seninaq
Suami : semamaq
Keponakan : Ruan
Pacar: Beraye
Pacaran : Berayean
Temen : Batur
Temenan: Bebaturan
Sepupu/Misan : Ruan
Paman: Tuaq
Bibik : Saiq
Siapa: Sai
Kakak: Kakak
Adik : Arik
Punya: Bedoe
Punyaku : Aku bedoe
Kekantin yuk: Jak warung en-the
Pergi poto copy yuk: Lalo motocopy en-the
Males: Abot
Capek: Lelah
Keringatan : Unseng
Jalan : Lampaq
Jalan jalan: Lampaq-lampaq
Sandal : Lampak
Sepatu : Sepatu
Pusing : Pineng
Pijit: Urut
Memijit: Ngerurut
Contoh : araq pire semamaqm?


BAHASA SASAK SIFAT2 MANUSIA
Rajin : Rajin
Baik hati : Solah Ate
Pintar : Pinter
Cerdas : Solah Otak
Cerdik : Luek akal
Jujur: Jujur
Sopan: Aluh/ sOlah2
Rendah hati: Rendah ate
Adil : Adil
Berani : Bani
Pendiam : Penedoq
Lugu : BOngOh
Lemah-lembut : Solah2 entan
Lucu : Lucu
Hemat/cermat: Apik
Pemarah : gedeq-kan
Bodoh : bege
Malas : abOt
Sombong : begaye
Curang : curang
Kurang ajar/ Tidak sopan : KesOan
Bengis: Bengis
Kasar : kasar/ lengE
Perkasa/pemberani : wanEn
Pembohong : Bejajah/lekaq
Malu : ilaq /lile
Norak : kOlOt
Contoh : pinter-pinter jari berayem gih!
BAHASA SASAK WARNA-WARNA
Warna : warne
Hitam : bireng/ bideng
Putih : puteq
Merah : beaq
Biru : ampuk
Kuning : kuning
Hijau : ijo
Coklat : coklat
Abu-abu : abu-abu
Orange : kuning toaq/ oren
Ungu : ampuk lomaq
Pink: beaq odaq
Contoh : warne ape tangkong side..?
BAHASA SASAK NAMA BILANGAN
1 : Sekeq/ Sopok
2 : Due
3 : Telu
4 : Empat
5 : Lime
6 : Enem
7 : Pituq
8 : Baluq
9 : Siwaq
10 : Sepulu
11: SOlas
12 : Due Olas
Belasan : Solas
Puluhan : Pulu
Rubuan : Ribu
Jutaan : Jute
Miliar : Meliar
Triliunan : Liun/ Triliun
Contoh : arak due olas ye berayem?


BAHASA SASAK ANGGOTA BADAN
Kepala : Ulu / Otaq
Rambut : Bulu
Mata : Penenteng/ Mate
Telinga : Kentoq
Hidung : Idung / Irung
Bibir : Biwih
Gigi : Gigi
Lidah : Elaq
Leher : Belong
Dada : Dade
Payudara : Susu
Lengan : Betek
Ketiak : KELELEK
Jari : Ranggot
Perut : Tian
Pusar : Puset
Pinggul : Keng/ KENG
Pantat/Bokong : Buit/ Tombong
Kemaluan wanita : Pepeq/ Tele
Kemaluan pria : Butoq/ Botoq
Paha : Impugn
Lutut/Dengkul : Jengku
Betis : Betis
Kaki : Nae
Telapak : Lampak
Uban : RAMBOK

Boleh tak aku cium: mele ape ndek side aku mot
Kapan: piran
Bagaimana : berembe
Kenapa: kembe
Siapa: sei
Dimana:le'embe
Kemana:jok embe
Dari mana:olek mbe
Di sini:lek te
Disana: lek

103 comments:

  1. Anak acong besepatu artinya apa

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. kakak cantik bnget malam ini

      Delete
    2. inges gatik epe kelem ni

      Delete
    3. Side nie dek pernah marak sai jage,marak godek tau ndek,side ni marak bate mate ngertek ndek.
      Artinya apa

      Delete
  3. Aok ye salak nginem artinya apa

    ReplyDelete
  4. Marak idap tiang irung itu apaa?

    ReplyDelete
  5. Klo hewan bahasa sasaknya apa?

    ReplyDelete
  6. Bejorak apa arti nya ya? 😁

    ReplyDelete
  7. Aok aneh mnu jak ko lalo nai juluk he
    Maksud ni ape....

    ReplyDelete
  8. Gamak ngolokm ndk ape unin lengek .. ao kan lek facebook

    Ini arti nya apa ya ? Bantu temen katanya susah ngartiin.

    ReplyDelete
  9. Santer be ekek dgn na ngeni
    Artinya apa?

    ReplyDelete
  10. ten telen dik no
    apa artinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kotoran memekmu...
      Ini serius itu artinya...

      Delete
  11. Kalau "Aku juga " bahasa sasaknya apa min ?

    ReplyDelete
  12. Lamun gerik gerik lolon bagek ape bhs indonesian semeton ,,😕😕

    ReplyDelete
  13. Ndek tiang mele lek side artinya apa

    ReplyDelete
  14. +Nyaduk ne lepang
    +ingan piran kene ulek
    Mohon bantuannya ka untuk artikan

    ReplyDelete
  15. lasingan bdoe braye yen artinya apa

    ReplyDelete
  16. lasingan bdoe braye yen artinya apa

    ReplyDelete
  17. lasingan bdoe braye yen artinya apa

    ReplyDelete
  18. "ithamio Sekai nhi" artinya apa ya?

    ReplyDelete
  19. Apa ya artinya? "Ooh aok aneh. Lamun mentie pendapet e jak"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ooh ya udah kalok gitu pendapat mu sih

      Delete
  20. Lesek...atau kasik Lesek apa artinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bangke tu siapa yg ngomong gitu ke side?
      Lesek tu kontol

      Delete
  21. Mbe THR ta ank ape mksdnye

    ReplyDelete
  22. Telang lest marak tetln slk bumi
    Apa artinya

    ReplyDelete
  23. Telang lest marak tetln slk bumi
    Apa artinya

    ReplyDelete
  24. Jerehme nane jak artinya apa

    ReplyDelete
  25. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  26. Bukannya kancut itu cd ya?

    ReplyDelete
  27. Ini artinya apa kak??

    Ajakte soo, blek so otakmek ini sndll
    Ndku gemes kangen!!bebinjat marak rue ante bawi!!

    Itu kak, mohon dibantu🙏
    Terimakasih

    ReplyDelete
  28. Inak lalo jok bangket Kance mamiq, jam 2 taok ulek.?
    Rubah dalam bus halus mohon dibantu

    ReplyDelete
  29. Mele te beli genk laguk endek man beli mobil ni berembe
    Artinya

    ReplyDelete
  30. kayuk paok jeri belide.sangkur moto ji impan kedit. leman jaok kenagku side. bebonto bangket paranku side. artinya apa?

    ReplyDelete
  31. Melekh olek juk senaru. Coba to taokh tenangan tian ni.. Artinya apa?

    ReplyDelete
  32. Kalau " Muk solah² ntan ngelakok payem bebangsat endah ah, sd keras aku lebih tao muni keras". Itu artinya apa...tolong jawab🙏🏻

    ReplyDelete
  33. Brajalh jluk apa arti y🙏🏻🙏🏻

    ReplyDelete
  34. Artinya lelah ku ngenti godek

    ReplyDelete
  35. Bhsa sasaknya suka apa ya min?

    ReplyDelete
  36. Raos rindi enek narak bauun sidak? Artinya apa

    ReplyDelete
  37. Arti dari luek raos mun arak mele apa artinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ga salah artinya "banyak ngomong kalo ada mau"

      Delete
  38. Ngakak baca komentar 😭🤣🤣

    ReplyDelete
  39. kalo "ye taok ne maik sik aran lelah"

    ReplyDelete
  40. Ini artinya apa
    -Jelo ape jak merarik empos
    -ye wah anh meton ketimbang ngerep
    -lmn mele lek bale bae laik bau lombok
    -kombok
    -aku yak cht bale yak nyemperot yak persik
    -aku ajak jok bali
    -yak merarik lmk ne pak
    Mohon dibantu di artikan

    ReplyDelete
  41. Ini artinya apa
    -jelo ape jak merarik empos
    -ye wah anh meton ketimbang ngerep
    -lmn mele lek bale bae laik bau lombok
    -kombok
    -aku yak cht yak nyemperot yak persik
    -aku ajak jok bali
    -yak merarik lmk ne pak

    Mohon bantuan diartikan

    ReplyDelete
  42. Aok aneh tunggu wah Meno Jak artinya apa ka

    ReplyDelete